Nov 6, 2010

ITULAH HIDUP

Belakangan saya sering mengucapkan dua kata "itulah hidup", menyadari eksistensi diri hingga hari ini dan mungkin nanti. Baru sadar kalau saya sudah dewasa, walaupun ukuran dewasa atau tidaknya seseorang adalah bagaimana dia menilai dan menyelesaikan suatu masalah hingga pemecahannya. Dengan percaya diri saya mengacungkan telunjuk bahwa saya adalah orang dewasa karena pemikiran seperti itu. 

Saya Cuma ingin mengatakan kepada siapa pun yang membaca blog ini, heiiiii…. Ini hidup!! Setiap yang bernapas adalah ciptaan Tuhan, masalah yang muncul adalah ciptaan manusia, namun kita tahu bahwa Tuhan menciptakan kita sebagai makhluk yang mulia karena akal yang kita punya. Gunanya akal yaitu bagaimana kita menyelesaiakan setiap masalah hidup yang kita hadapi sebaik dan sebijak mungkin. Yang menjadi persoalan ketika akal tidak sejalan dengan emosi dan rasa yang kita punya, sehingga apa yang kita harapkan kadang melenceng dari apa yang kita terima. Dampak dari semua itu kebanyakan dari kita melakukan hal-hal yang merugikan diri sendiri hingga orang-orang di sekitar kita. 

Saya percaya dan yakin sebagai makhluk beragama, percaya bahwa ini hidup dan menerima semua konsekuensi yang akan terjadi baik itu 1 detik ke depan ataupun besok. Yakin pada takdir, semua yang kita lewati baik atau buruk sekalipun adalah suratan takdir. Kita selalu diperhadapkan pada keputusan, setiap detik dalam hidup kita adalah keputusan yang bersifat kecil atau besar. Misalnya bangun dari tidur, itu adalah keputusan yang kita buat di antara dua pilihan tidur terus atau segera bangun dan melanjutkan hidup ini. 

Keputusan yang kita ambil selalu melibatkan akal, itulah kemuliaan kita sebagai manusia. Pada intinya kita dilahirkan sempurna dengan kelebihan yang tidak dimiliki oleh makhluk lain, kewajiban kita adalah bagaimana selalu mengingat kesempurnaan yang kita terima dengan rasa syukur yang sudah seharusnya kita berikan sehingga ada timbal balik antara ada dan yang mengadakan. jika kita sadar darimana kita berasal dan tujuan akhir kita di bumi ini, saya kira kesalahan yang kita buat akan sedikit sehingga bumi ini pun tidak akan menampung banyak keluh kesah dan pada akhirnya Tuhan hanya sedikit menerima doa-doa yang bersifat menghujat, menanyakan dan mohon untuk mengabulkan. 

Dunia sudah semakin tua, katanya tahun 2012 akan kiamat, percayakah kalian?? Mari mengandaikan seperti itu, bahwa 2012 memang akan terjadi kiamat. Mengandaikan agar kita berlomba-lomba memperbaiki diri dan mengumpulkan bekal yang cukup untuk kehidupan nanti. Subhanallah…. Wallahu A’lam 

No comments:

Post a Comment